Klasifikasi Hewan


Klasifikasi secara sederhana merupakan alat untuk memahami bagaimana keterkaitan semua organisme hidup. Dalam klasifikasi, mahkluk hidup-makhluk hidup dibagi dalam kelompok-kelompok yang berbeda. Pada suatu kelompok hewan, semakin banyak kesamaan ciri dan keunikan dalam kelompok, semakin spesifik kelompok hewan tersebut.
Hewan-hewan diberi nama ilmiah sehingga masyarakat di seluruh dunia dapat saling berkomunikasi tentang hewan yang dimaksud tanpa hambatan bahasa nasional masing-masing. Hewan dibagi ke dalam beberapa kelompok yang berbeda, dimulai dengan kelompok besar yaitu Kingdom.

Klasifikasi Hewan
Klasifikasi Hewan

Kingdom
Tiap-tiap organisme hidup pertama kali dibagi menjadi beberapa kingdom yang berbeda. Ada lima kingdom yang berbeda untuk mengklasifikasikan kehidupan di Bumi, yaitu Animalia (Hewan), Plantae (Tanaman), Fungi (Jamur), Bakteria, dan Protista (organisme bersel tunggal).

Phylum (Filum/Divisi)
Kingdom Animalia dibagi menjadi 40 kelompok yang lebih kecil, yang dikenal sebagai filum. Dalam pembagian ini, hewan-hewan dikelompokkan berdasarkan ciri utama hewan tersebut. Hewan-hewan biasanya terbagi ke dalam salah satu dari lima filum yang berbeda yaitu filum Cnidaria (invertebrata), Chordata (vertebrata), Arthropoda, Moluska dan Echinodermata.

Kelas
Kelompok filum kemudian dibagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil, yang dikenal sebagai kelas. Misalnya Filum Chordata (vertebrata) terpecah menjadi Kelas Mamalia, Actinopterygii (Ikan bertulang keras), Chondrichthyes (Ikan bertulang rawan), Aves (Burung), Amfibi dan Reptil.

Ordo (bangsa)
Setiap kelas dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil lagi, yang dikenal sebagai ordo.  Kelas Mamalia contohnya, terbagi menjadi kelompok Ordo Carnivora, primata, Artiodactyla, dan Rodentia.

Famili
Dalam setiap orde, ada kerabat-kerabat hewan yang berbeda dimana hewan-hewan tersebut memiliki ciri yang sangat mirip. Misalnya Orde Carnivora terbagi ke dalam beberapa famili diantaranya famili  Felidae (Kerabat Kucing), Canidae (Kerabat Anjing), Ursidae (beruang), dan Mustelidae (Weasels).

Genus (Marga)
Tiap-tiap famili hewan kemudian dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang dikenal sebagai genus. Genus masing-masing berisi hewan yang memiliki fitur yang sangat mirip dan sangat erat kaitannya. Sebagai contoh, famili Felidae (Kucing) terbagi menjadi genus Felis (Kucing kecil dan Kucing domestik), Panthera (Harimau, macan tutul, jaguar, dan singa) dan Puma (Panthers dan Cougars).

Spesies
Setiap spesies individu dalam genus dinamai sesuai ciri dan karakteristik individu tersebut. Nama-nama hewan tersebut dibuat dalam bahasa latin disepakati dan dipahami di seluruh dunia, terdiri dari dua kata. Kata pertama nama hewan diambil dari genus, dan nama kedua menunjukkan spesies tertentu.

Contoh
Harimau
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata (Vertebrata)
Kelas: Mamalia
Orde: Karnivora
Keluarga: Felidae
Genus: Panthera
Spesies: Panthera tigris  



sumber:
http://id.wikipedia.org
http://www.youtube.com

1 komentar:

Tinggalkan pesan untuk permintaan pencarian topik.