Predator berburu mangsa


Pemangsa atau predator adalah sejenis hewan yang memburu, menangkap, dan memakan hewan lain. Hewan yang diburu pemangsa disebut mangsa.

Pemangsa biasanya karnivora (pemakan daging) atau omnivora (pemakan tanaman dan hewan lain). Pemangsa akan memburu hewan lain untuk dimakan.

Pemangsa biasanya lebih besar daripada mangsa. Umumnya pemangsa mempunyai gigi dan cakar yang tajam, penglihatan yang baik, bergerak cepat dan kadang memiliki bisa.

Harimau berburu mangsa


-->


Mangsa harimau tergantung tempat tinggal dan seberapa berlimpah mangsanya. Sebagai predator utama dalam rantai makanan, harimau liar mempertahankan populasi mangsa berada di bawah kendali, sehingga keseimbangan antara mangsa dan vegetasi yang mereka makan dapat dipertahankan. Mereka memiliki indera pendengaran dan penglihatan yang sangat tajam, yang membuatnya menjadi pemburu yang sangat efisien. Harimau Sumatera adalah hewan soliter, dan mereka berburu di malam hari, mengintai mangsanya dengan sabar sebelum menyerang mereka dari belakang atau samping. Mereka makan apapun yang dapat ditangkap, Harimau Sumatera adalah jenis Carnivora yang memangsa Rusa Sambar (Cervus unicolor), Kijang (Muntiacus muntjak), Kancil (Tragulus sp.), Babi hutan liar (Sus sp.), Kerbau liar (Bubalus bubalis), Tapir (Tapirus indicus), Kera (Macaca irus), Langur (Presbytis entellus), Landak (Hystrix brachyura), Trenggiling (Manis javanica), hingga Beruang madu (Heralctos malayanus), jenis-jenis Reptilia seperti kura-kura, ular, dan biawak, serta berbagai jenis burung, ikan, dan kodok dan jenis-jenis satwa liar lainnya. Harimau Sumatera juga suka makan durian. 

harimau berburu
harimau berburu

Hewan peliharaan atau ternak juga sering menjadi mangsa harimau diantaranya kambing, kerbau, domba, ayam, Anjing dan sapi. Hewan-hewan ini diburu harimau bila habitat harimau terganggu atau rusak sehingga memaksa harimau keluar dari habitatnya ke pemukiman.

Harimau berburu makanan untuk dirinya sendiri dan harimau betina berburu untuk memberi makan anak-anaknya. Harimau berburu sekali dalam 3 – 6 hari, bergantung ukuran mangsa yang didapatkannya. Biasanya seekor harimau membutuhkan sekitar 6 – 7 kg daging per hari, kadang-kadang sampai 40 kg daging sekali makan.




Harimau mengamati mangsa dengan mengendap-endap. Harimau biasanya memilih mangsa besar seperti rusa, babi, dan kijang. Harimau jarang memilih mangsa yang lebih kecil karena energi yang dikeluarkan untuk berburu sangat besar. Ukuran mangsa harus sebanding dengan energi yang dikeluarkan.


harimau berburu
harimau berburu


Harimau hidup di wilayah teriroialnya, namun tidak sendirian. Harimau memiliki kemampuan berkomunikasi satu sama lain bahkan pada jarak jauh. Berkomunikasinya juga dengan cara yang unik terutama saat menandai wilayah. Mereka meninggalkan jejak mereka dalam bentuk urin, feses, goresan di tanah, dan goresan di pohon. Harimau jantan memiliki area yang lebih luas dari betina. Wilayah 1 jantan dewasa meliputi 2-3 betina dewasa. Luas jangkauan jelajah harimau bervariasi, dalam rentang 20-250 km2.

Hiu berburu mangsa



Hiu mengandalkan penciuman yang tajam seperti anjing untuk melacak makanan. Tapi penelitian baru menunjukkan bahwa hidung bukan satu-satunya cara hiu mendeteksi bau. Seluruh tubuh hiu, pada kenyataannya, berfungsi sebagai hidung raksasa yang mampu mencium bahkan mengenalbentuk” dari bau.

Sisi badan hiu dilengkapi saraf yang disebut garis lateral. Peneliti menemukan bahwa struktur sensitif ini dapat mendeteksi getaran samar yang disebabkan oleh makhluk hidup dalam air. Kemampuan untuk mengenal aroma tidak diketahui sebelumnya. Mengejutkan lagi, para peneliti mengatakan bahwa garis lateral dapat mendeteksi bentuk 3D dari struktur aroma, digambarkan seperti turbulensi yang tertinggal setelah melambaikan tangan dalam kabut tebal atau uap.




Bau kulit yang kompleks, dinamis, struktur tiga dimensi digunakan oleh banyak spesies hewan untuk mencari makanan, pasangan dan tempat tinggal.


Kebanyakan Hiu adalah karnivora. Hiu basking, hiu paus, dan hiu megamouth telah mengembangkan strategi yang berbeda dan menjadi pemakan plankton. Hiu paus menghisap plankton dan ikan kecil, Hiu megamouth menghisap lebih efisien dengan menggunakan jaringan bercahaya dalam mulut mereka untuk menarik mangsa di laut dalam. Jenis perburuan ini membutuhkan tulang saring insang yang panjang dan filamen ramping yang membentuk saringan yang efisien. Hiu memerangkap plankton dalam filamen dan menelan banyak mangsa dalam suapan yang besar. Gigi spesies ini relatif kecil karena mereka tidak diperlukan untuk berburu.

hiu berburu
hiu berburu


Pemangsa khusus lainnya adalah hiu cookiecutter, yang mengiris daging ikan yang lebih besar dan daging mamalia laut lainnya. Gigi Cookiecutter sangat besar dibandingkan dengan ukuran badannya. Gigi bawahnya sangat tajam. Meskipun mereka tidak pernah diamati makan, mereka diyakini menggigit mangsanya dan menggunakan bibirnya yang tebal untuk membuat segel, lalu memutar tubuh mereka untuk merobek daging .


Beberapa spesies dasar laut adalah predator penyergap yang sangat efektif. Hiu malaikat dan Hiu wobbegongs menggunakan kamuflase dengan cara berbaring dan menunggu, kemudian menyedot mangsa yang lewat ke dalam mulut mereka. Jenis Hiu bentik hanya memangsa crustacea.


Hiu memangsa cumi-cumi atau ikan, dan menelannya bulat-bulat. Hiu dogfish viper memiliki gigi yang dapat mencuat untuk menyerang dan menangkap mangsa yang kemudian ditelan bulat-bulat. Hiu putih besar dan predator besar lainnya juga menelan seluruh mangsa kecil atau mengambil gigitan daging besar keluar dari mangsa berukuran besar. Hiu Thresher menggunakan ekor panjang mereka menyetrum ikan shoaling, dan Hiu gergaji menggiring mangsa dari dasar laut atau menyergap mangsa yang sedang berenang dengan giginya yang tajam.

Banyak hiu, termasuk hiu karang ujung putih adalah pemburu yang kooperatif dan berburu dalam kelompok untuk menangkap mangsa. Hiu sosial ini sering bermigrasi, melakukan perjalanan jarak jauh di sekitar cekungan laut dalam kelompok besar. Migrasi ini mungkin diperlukan untuk menemukan sumber makanan baru.

Elang berburu mangsa



Penglihatan elang sangat luar biasa. Penglihatan elang sekitar lima kali lebih tajam dari manusia, elang dapat melihat target sekecil kelinci sampai satu mil jauhnya. Selain itu, elang memiliki persepsi kedalaman sangat baik menggunakan penglihatan tumpang tindih visi bidang kanan dan kiri.

Cakar pada jari kaki elang melengkung dan tajam untuk menangkap dan mencengkeram mangsanya. Hal ini memberi elang nama raptor yang berasal dari kata Latin "rapere" yang berarti untuk pegangan atau pegang. Benjolan kasar pada jari kaki elang juga membantu mencengkeram ikan yang licin. Kaki raptor ini sangat penting untuk menangkap makanan dan juga sebagai metode perlindungan.



Cakar yang panjang dan cengkeraman yang kuat dapat menimbulkan luka serius bagi penyusup. Makanan elang terutama terdiri dari ikan, unggas air, mamalia kecil dan bahkan sisa-sisa penyu ditemukan di sarang mereka. Untuk menangkap ikan, elang pada umumnya mengawasi permukaan air dengan bertengger atau saat melayang di udara. Elang kemudian akan menukik dekat dengan permukaan air dan mengulurkan kaki mereka dalam air untuk menangkap ikan. Elang sering mencuri makanan dari elang lain atau dari burung pemangsa lain seperti ospreys. Mereka juga memakan bangkai seperti rusa yang tertabrak mobil.

elang berburu
elang berburu
Elang adalah "burung pemangsa" yang berarti mereka berburu untuk makanan mereka. Tidak seperti burung lainnya, yang makan biji atau serangga dan hanya melakukan perjalanan jarak pendek dalam mencari makan, elang harus sering terbang jarak yang jauh untuk menemukan makanan yang layak. Elang sering melayang dalam kolom udara vertikal yang hangat berbentuk spiral yang disebut termal, elang dapat melakukan perjalanan hingga dua puluh mil per jam hampir tanpa usaha.

elang berburu
elang berburu

Elang juga dibantu dalam penerbangan karena tulangnya yang berongga. Yang mengagumkan adalah berat total sistem skeletal elang hanya setengah dari berat bulunya! Dengan panjang bentang sayap tujuh hingga delapan kaki dan ekor yang lebar sebagai kemudi, elang diciptakan untuk menguasai langit.

Referensi :
Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan pesan untuk permintaan pencarian topik.